Sunday, September 10, 2006

akhir pekan yang melelahkan

akhir pekan yang melelahkan.
bayangkan saja..hari sabtu ada tujuh bulanan kakak saya yang kedua. dirumah jadi penuuhhh sekali. ada gamelan, banyak makanan, banyak orang tertawa, ada orang gosip juga dan lain-lain. hari itu juga, acara tujuh bulanan mba nina sunggu meriah karena ada sodara, teman, temannya teman, tetangga, sampe supirnya temanpun ikut. hahahaha!. lucu ya? selama sehari saya mengobservasi acar tersebut untuk saya tulis dalam blog ini (ciiyeekkhh...).

selain itu, hari ini kami juga ada acara pernikahan adiknya kakak ipar saya. yang dimana (ga efektif nii pake kata2 ini....hehe) saya beserta keluarga dibuatkan baju seragam khusus untuk kami. jadi pagi- pagiii sekali kami sudah harus berdandan sanggul plus bedak tebal dan harus berangkat untuk stand by disana.

ada banyak kesimpulan yang saya ambil dari berbagai peristiwa hari ini dan kemarin. yaitu, bagi keluarga saya yang sangat kental budaya jawa nya, makanan adalah suatu transformasi cinta untuk orang-orang disekitar. apalagi untuk ayah saya. dengan memberikan makanan, beliau telah memberikan cinta terbesarnya. itu saya tidak bohong. dan saya pun kaget karena sudah hampir 21 tahun beliau jadi ayah saya, tapi saya tidak menyadari juga bahwa selama ini dia benar-benar cinta sama saya. terbukti dengan banyaknya makanan yang beliau telah berikan. hahaha! juga, makanan tersebut tidak lengkap dengan bercandaan khas "surabaya" yang sangat kental! jadi, tawa dan makanan = keluarga saya. tanpa kedua hal itu, acara yang bagus pun tidak meriah.

kesimpulan kedua adalah, pada saat saya ke acara pernikahan adiknya kakak ipar saya, saya melihat buaday jawa ini banyak sekali simbol-simbol yang kadang-kadang bisa jadi logis tapi banyak yang tidak.

jadi, dua hari ini saya bangga sekaligus binggung jadi orang jawa. karena semua begitu otomatis sehingga saya tidak memikirkannya lagi. aneh ya?

kotak budaya itu akan selalu ada di sekitar tidak tidak bisa dihilangkan. mungkin bisa diminimalisasi, tapi susahh. :)

tapi saya tetap bangga kok...:D



niniet

No comments: